Cemas karena kebiasaan onani

November 9, 2020 0

V, laki-laki, 14 tahun : Kak, aku mau curhat dong. Kak, aku sekarang sekarang ini sering merasa ketakutan, aku takut kena kanker atau mandul, karena saat umur 11 tahun sering melakukan onani secara berlebihan. Sebenarnya sudah 2 tahun ini sih udah ga pernah melakukan onani lagi, tapi aku takut kebiasaanku yang dulu itu mempengaruhi kesehatanku natinya. Saking ketakutannya aku jadi ga konsentrasi belajar. Aku juga sudah rajin sholat 5 waktu. Mau cerita ke ibu tapi takut. Udah tanya ke dokter di aplikasi kesehatan juga tapi jawabannya ga jelas. Sekarang sih aku sudah berhenti melakukan onani, tapi masih khawatir soal kesehatanku nantinya. Gimana ya Kak?

Jawab:

Hai V…. Terimakasih kamu sudah mengakses layanan curhat ini dan berani mengungkapkan keresahan kamu. Jadi kamu sekarang lagi mencemaskan kesehatan kamu ya karena melakukan kebiasaan onani dulunya? Menurut ilmu yang kakak pelajari onani sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kemandulan, namun memang ada penelitian yang mengatakan bahwa kebiasaan onani ada hubungannya dengan kejadian kanker prostat. Tentunya ketika onani ini sudah menjadi kebiasaan, menimbulkan ketagihan, dan dilakukan secara terus menerus dan berlebihan. Kamu hebat lho sudah berani memutuskan kebiasaan ini. Dan kamu juga sudah tepat dengan sudah rajin ibadah sholat 5 waktu. Perasaan kecemasan kamu akan kesehatan wajar kamu alami. keluhan kecemasan ini memang sangat mengganggu, namun tidak membahayakan.

Terkait kecemasan/ketakutan, kamu bisa melakukan hal hal berikutbdi rumah:
1. relaksasi, tarik nafas panjang(sambil istighfar dlm hati) tarik nafas pelan melalui hidung, keluarkan dari mulut.
2. Lakukan hobi yg kamu sukai, yg bs mengalihkanmu dari ketakutan berlebihan
3. Lakukan olahraga yg kamu sukai

Namun bila kamu sudah melakukan hal hal di atas namun masih merasa cemas atau muncul keluhan lain Seperti : jantung terasa berdebar, keringat dingin, pusing, mual, tidak bisa tidur, gangguan makan, atau jadi takut bertemu orang, kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan psikolog kami di Puskesmas Kecamatan Kembangan atau kamu bisa melakukan konseling online secara langsung dengan psikolog melalui whats app video call dengan melakukan pendaftaran ke nomor call center Puskesmas Kecamatan kembangan di 0811-1848-483


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

Konten Terbaru

WhatsApp chat
Ka Rami - Kesehatan Jiwa Ka Irma - Kesehatan Remaja Ka Micca - Penyakit Tidak Menular Ka Mira - TB Paru Ka Agnes - HIV Ka Pandji - Perawat Ka Dadang - Perawat Ka Desi - Gizi Ka Ery - Kesehatan Ibu dan Anak Ka Priska - Apoteker Ka Aulia - Kesehatan Mulut dan Gigi Teledentistry - Kesehatan Mulut dan Gigi