Content

Jangan lupa dishare ya Guys!

09/Nov/2020

R, laki laki, 1 tahun : Kak, aku mau tanya dong, apa betul bawang putih bisa menyembuhkan segala macam penyakit? Terus kok aku muncul jerawat ya setelah melakukan onani?

Jawab:

Hallo R, terimakasih sudah mau menghubungi kami.

1. Mengenai info bahwa bawang putih bisa menyembuhkan segala macam penyakit itu hoax ya. Belum ada penelitiannya bahwa satu jenis makanan bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Namun kamu bisa menjaga kesehatanmu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.
2. Tumbuhnya jerawat bukan diakibatkan onani, melainkan karena mulai aktifnya hormon reproduksi. Sangat umum terjadi pada masa remaja


09/Nov/2020

V, laki-laki, 14 tahun : Kak, aku mau curhat dong. Kak, aku sekarang sekarang ini sering merasa ketakutan, aku takut kena kanker atau mandul, karena saat umur 11 tahun sering melakukan onani secara berlebihan. Sebenarnya sudah 2 tahun ini sih udah ga pernah melakukan onani lagi, tapi aku takut kebiasaanku yang dulu itu mempengaruhi kesehatanku natinya. Saking ketakutannya aku jadi ga konsentrasi belajar. Aku juga sudah rajin sholat 5 waktu. Mau cerita ke ibu tapi takut. Udah tanya ke dokter di aplikasi kesehatan juga tapi jawabannya ga jelas. Sekarang sih aku sudah berhenti melakukan onani, tapi masih khawatir soal kesehatanku nantinya. Gimana ya Kak?

Jawab:

Hai V…. Terimakasih kamu sudah mengakses layanan curhat ini dan berani mengungkapkan keresahan kamu. Jadi kamu sekarang lagi mencemaskan kesehatan kamu ya karena melakukan kebiasaan onani dulunya? Menurut ilmu yang kakak pelajari onani sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kemandulan, namun memang ada penelitian yang mengatakan bahwa kebiasaan onani ada hubungannya dengan kejadian kanker prostat. Tentunya ketika onani ini sudah menjadi kebiasaan, menimbulkan ketagihan, dan dilakukan secara terus menerus dan berlebihan. Kamu hebat lho sudah berani memutuskan kebiasaan ini. Dan kamu juga sudah tepat dengan sudah rajin ibadah sholat 5 waktu. Perasaan kecemasan kamu akan kesehatan wajar kamu alami. keluhan kecemasan ini memang sangat mengganggu, namun tidak membahayakan.

Terkait kecemasan/ketakutan, kamu bisa melakukan hal hal berikutbdi rumah:
1. relaksasi, tarik nafas panjang(sambil istighfar dlm hati) tarik nafas pelan melalui hidung, keluarkan dari mulut.
2. Lakukan hobi yg kamu sukai, yg bs mengalihkanmu dari ketakutan berlebihan
3. Lakukan olahraga yg kamu sukai

Namun bila kamu sudah melakukan hal hal di atas namun masih merasa cemas atau muncul keluhan lain Seperti : jantung terasa berdebar, keringat dingin, pusing, mual, tidak bisa tidur, gangguan makan, atau jadi takut bertemu orang, kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan psikolog kami di Puskesmas Kecamatan Kembangan atau kamu bisa melakukan konseling online secara langsung dengan psikolog melalui whats app video call dengan melakukan pendaftaran ke nomor call center Puskesmas Kecamatan kembangan di 0811-1848-483


16/Jan/2020

F, 14 tahun : Ka masa aku kan udah 14 tahun masa aku belom haid sih kak?

Jawab :
Hai F, Mulainya haid pertama seorang remaja emang beda2 ya, rata rata sih umur 12 tahun, namun ada yang mulai lebih awal ,yaitu 9 tahun, bisa juga lebih lambat lebih dari 15 tahun. Namun kamu ga perlu khawatir, hal itu semua termasuk kondisi yg normal kok. Banyak faktor2 yg mempengaruhi, misal: genetik (mengikuti ibunya/neneknya), status gizi, tingkat stress, bahkan juga bisa dipengaruhi oleh tontonan


03/Dec/2019

D, remaja putri
Kak saya mau curhat: papa saya suka batuk berdarah sudah hampir 1bulan lebih, fisiknya selalu lemah dan menimbulkan berat badannya kurus.
kadang kalau malam suka mengigil smpai ga bisa tidur.

Sudah dua kali berobat bapak saya tidak pernah terbuka masalah sakitnya pada dokterny, dan saya sungkan menyarankan bapak saya untuk berobat dengan benar karena saya gengsi. Kami sekeluarga jadi bingung.

Jawab:
Hai D…. terimakasih sudah mau curhat pada kami.

Kalau melihat gejalanya kemungkinan bpk kamu menderita penyakit paru2. Untuk tahu pastinya harus dilakukan pemeriksaan dokter dan beberapa pemeriksaan penunjang. Ada kemungkinan penyakit ini menular, sehingga orang yg tinggal serumah pun berisiko tertular penyakit yang sama.
Saran saya coba kamu sampaikan diskusi kita ke mama kamu dan nanti mama kamu sampaikan dgn cara yg baik, apa manfaatnya bila penyakit ini diketahui lbh awal, akan lbh baik lg hasil pengobatan nya dan mencegah penularan ke org rumah.
Untuk bbrp kasus penyakit, biasanya ada petugas puskesmas nanti yg akan melakukan pendataan kesehatan, biar sekalian kami periksa nanti


03/Dec/2019

N, Perempuan, 17 tahun, Jakarta (18 November 2019)
N : saya punya orang tua yang tidak mengerti perasaan saya, terlalu banyak melarang, mereka ingin saya seperti apa yang mereka mau, mereka selalu menyamakan hidup mereka dengan saya seperti “dulu mamah gak pernah begini, dulu mamah begini begini”. fanatik sekali dengan agama, ketika memarahi saudara saya, saya juga kena dimarahi lalu membandingkan saya dengan sepupu saya, perkataannya sering menyakitkan, hampir setiap malam saya nangis karena mereka tidak bisa ngertiin saya, kadang ada perasaan benci saya selalu melakukan hal yg mereka ga suka dengan sengaja, saya sering merasa kesepian, dan rasa gamau hidup lagi, apakah ini dinamakan depresi karena orang tua?
Jawab : terima kasih ya sudah curhat dan mau terbuka. situasi km pasti tidak nyaman sekali ya. perbedaan pendapat dengan orang tua dan anak memang kerap terjadi.
N : Tapi buat saya kepikiran dan jdi terus nangis ka. kalau saya ingin membenarkan dia selalu marah, malah dikira ngebantah.
Jawab : iya membuat km jadi merasa sedih ya dengan sikap ortu yg demikian. Biasanya masalah apa yg sering kalian bicarakan?
N : masalah pergaulan sih kak, karena aku banyak teman cowo mereka gak suka, selalu negatif thinking, selalu menyamakan sm mereka yg duluu. Aku ngerti maksud mereka, tapi aku kemana mana kan selalu jelas juga selalu bilang ke mereka.
Jawab : yg mereka khawatirkan soal apa? apakah keluarga km mengenal teman2 cowo km selama ini?
N : pergaulan bebas mungkin kak. Kenal.
Jawab : coba dicek dulu yuk beberapa hal : apakah setiap hari dan setiap detik orang tua seperti itu? apa ada yg salah dengan kondisi ini? kalau ada, apa yg bisa dilakukan untuk memperbaikinya? coba berpikir lebih objektif saat diri sudah tenang ya. kalau belum tenang, km bisa relaksasi pernapasan dulu, minum air putih, atau mandi dgn air hangat. Jangan langsung merespon saat kondisi emosi blm stabil ya


15/Oct/2019

S (remaja putri), 18 tahun

Tanya:
Kak…aku mau curhat dong. Kak cara mengatasi kecemasan gimana ya? Aku gampang cemas, misalnya kalau ada tugas aku mau cepet cepet selesai kalau belum selesai aku selalu khawatir sampai degdegan. Jika ada tugas, entah karena antusias atau terlalu khawatir kalau kerjaku tidak akan sesuai espektasi padahal kerjaanku belum selesai, tapi pikiranku rasanya seperti terlalu jauh ke depan jadi akhirnya banyak hal yg terlalu dipikirkan..


15/Oct/2019

X, remaja putra, 14 tahun

Tanya:
Halo Kak, Aku mau curhat dong.. Selama ini saya dr kecil jadi anak broken home. Ayah saya sering bersikap kasar pada kami sekeluarga, terutama ibu saya.Kami sering dicaci, diancam, Bahkan dipukul dengan tangan atau alat, atau dibenturkan ke tembok karna hal sepele. Dan itu terus berlangsung sepanjang hidup saya. Tapi terkadang ayah saya sangat sayang pd kami. Saya merasa takut banget kalau dekat ayah saya. Saya juga sering merasa sedih karena kasihan dgn ibu saya.
Saya sudah curhat dengan guru BK dan beliau menyarankan agar saya konsultasi dengan psikolog di puskesmas. Namun saya juga bingung dengan masalah biaya konsultasi nya.
Terima kasih jika kaka berkenan membantu.


14/Aug/2019

R (remaja putri), 15 tahun

Tanya:
Assalamualaikum kak, aku mau curhat boleh ya? kok akhir-akhir ini kepala aku gampang pusing terus ada kunang-kunang gitu kak, kata tante aku udah kena anemia soalnya pas aku lagi tidur terus langsung berdiri tuh pusing banget kak. Mohon sarannya.


14/Aug/2019

C (remaja putri), 13 tahun

Tanya:
Kak…aku mau curhat dong. Perut bawah aku sakit dari kemarin, terus kaki aku juga dingin
Itu kenapa ya ka? Aku lagiĀ  ga haid, BAB ku keras, BAK nya normal.


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

WhatsApp chat
Ka Rami - Kesehatan Jiwa Ka Irma - Kesehatan Remaja Ka Micca - Penyakit Tidak Menular Ka Mira - TB Paru Ka Agnes - HIV Ka Pandji - Perawat Ka Dadang - Perawat Ka Desi - Gizi Ka Ery - Kesehatan Ibu dan Anak Ka Priska - Apoteker Ka Aulia - Kesehatan Mulut dan Gigi Teledentistry - Kesehatan Mulut dan Gigi