Scaling Gigi

July 11, 2019 0
tooth.jpeg

SCALING GIGI

Gaes, bagi kalian yang rutin periksa kesehatan gigi pasti sudah tidak asing dengan istilah ‘scaling gigi’. Lalu, apa itu scaling gigi???

Iya Gaes, jadi scaling gigi ituu adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang (tartar) pada gigi. Plak?? Iya plak itu adalah lapisan tipis berwarna kuning atau putih yang menempel pada gigi dan terbentuk ketika bakteri bercampur dengan sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, terutama makanan yang mengandung gula dan tepung. Naah plak yang dibiarkan hingga mengeras dan bercampur dengan air liur ini dapat memicu terbentuknya karang gigi atau tartar. Lantas, apa bahaya plak dan karang gigi? Plak dan karang gigi ini mengandung jutaan bakteri yang apabila tidak dibersihkan secara rutin, dapat menyebabkan kerusakan bahkan hilangnya gigi.

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab munculnya plak dan karang gigi??

Beberapa penyebabnya yaitu :

  1. Rokok

Gaes, kalian pasti sudah tahu ya, rokok itu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Jadii, jangan berani sekalipun untuk mencoba ya, ingaat kalian punya cita-cita yang harus kalian capai..!

  1. Kadar gula tinggi dan tepung

Siapa yang suka makan permen, cokelat, dan kue?? Wah kayaknya mulai sekarang harus dikurangi yaa kalau gak mau sakit gigi..

  1. Soda, kopi, atau teh

Gaes, mulai sekarang dikurangi yaa untuk mengkonsumsi soda, kopi atau teh. Lebih baik perbanyak air putih atau jus buah gituu yaa..

  1. Tidak membersihkan gigi secara rutin

Gaes, jangan lupa ya untuk rajin menyikat gigi 2x dalam sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Kalian ada yang mau mencoba scaling gigi?? Yuk perhatikan dulu peringatan sebelum melakukan scaling gigi..

  • Beri tahu dokter yah kalau kalian sedang mengonsumsi obat-obatan, suplemen maupun produk herbal terutama obat pengencer darah (antikoagulan)
  • Beri tahu dokter juga jika kalian pernah menjalani prosedur transplantasi organ

Bagaimana prosedur scaling gigi?

Beberapa prosedur scaling gigi, diantaranya adalah :

  • Dokter mulai melakukan proses pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat pengikis dengan gelombang ultrasonik yang dapat mengeluarkan getaran dan menghilangkan plak dan karang gigi. Alat ini juga dapat mengeluarkan asap dingin dari air untuk membersihkan sisa plak dan karang gigi.
  • Setelah plak dan karang di sekitar email gigi dibersihkan, dokter akan menggunakan alat pengikis manual atau scaler dengan ujung runcing untuk membersihkan plak dan karang di daerah yang tidak terjangkau oleh alat pengikis ultrasonik.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

WhatsApp chat
Ka Rami - Kesehatan Jiwa Ka Irma - Kesehatan Remaja Ka Micca - Penyakit Tidak Menular Ka Mira - TB Paru Ka Agnes - HIV Ka Pandji - Perawat Ka Dadang - Perawat Ka Desi - Gizi Ka Ery - Kesehatan Ibu dan Anak Ka Priska - Apoteker Ka Aulia - Kesehatan Mulut dan Gigi Teledentistry - Kesehatan Mulut dan Gigi