Pola Makan Sehat Selama Ramadhan di tengah Pandemi COVID-19

April 24, 2020 0
WhatsApp-Image-2020-04-24-at-10.23.39.jpeg

Hai Gaes, apa kabarnya? Sudah memasuki bulan suci Ramadhan nih, di tengah situasi pandemi ini semoga kalian tetap sehat yaa.

Ramadhan kali ini memang terasa berbeda ya gaes, karena adanya COVID-19 yang melanda Indonesia dan dunia. Tetapi kondisi ini jangan menyurutkan niat kita ya gaes untuk menyambut datangnya Ramadhan dengan suka cita. Yukk lakukan perilaku hidup bersih dan sehat selama berpuasa. Ramadhan kali ini kita berbuka dan sahur di rumah aja bersama keluarga ya.

Nah bagaimana sih asupan makan kita selama bulan puasa dan ditengan situasi pandemic ini ? Yuk kita simak tipsnya yaa..

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan aman dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan resiko penyakit kronis dan penyakit infeksi.

  1. Apasih makanan dengan gizi seimbang ??

Secara umum, pengertian gizi seimbang adalah susunan asupan sehari-hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pemenuhan kebutuhan gizi ini juga harus memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal guna mencegah masalah gizi. Gizi seimbang terdiri dari asupan yang cukup secara kuantitas, cukup secara kualitas, dan mengandung berbagai zat gizi seperti karbohidrat atau makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah-buahan yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan.

  1. Konsumsi Makanan Segar/ Tidak diawetkan

Nah disaat kondisi pandemic ini untuk kalian mengutamakan makanan segar yaaa, makanan segar itu sendiri artinya makanan yang belum dimasak atau di proses yaa.

  1. Minumlah Air yang cukup saat sahur dan buka puasa.

Meski puasa tubuh tetap butuh 2 liter cairan yang setara dengan 8 gelas/hari. Nah kalian bisa membagi nya nih gaes misalnya 2 gelas saat sahur,  2 gelas saat buka puasa dan 4 gelas di malam hari.

  1. Hindari konsumsi lemak dan minyak berlebih

Makanan tinggi lemak biasanya juga tinggi kalori, karena satu gram lemak setara dengan 9 kalori. Jadi, satu sendok teh minyak gorengan dapat diperkirakan menyumbang sekitar 45 kalori. Jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang digoreng, bukan tidak mungkin lama kelamaan berat badan Anda akan bertambah, dan juga meningkatkan resiko penyakit jantung, kolesterol juga obesitas.

  1. Hindari konsumsi gula dan garam berlebih

Pasti kalian sudah tahu kalau terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke, jantung, gangguan ginjal, dan hipertensi. Nah agar tidak terkena penyakit-penyakit berbahaya tersebut, butuh berapa banyak garam tubuh kita per hari sebenarnya?

Berdasarkan rekomendasi nutrisi dari Health Canada, tubuh kita cuma membutuhkan 115 miligram sodium per hari untuk hidup sehat. Sebagai perbandingannya, 1 sendok teh garam mengandung 2.000 miligram sodium.

  1. Tips Olahraga saat puasa

Di tengah pandemi corona, penting untuk menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa. Meski sedang melakukan ibadah puasa, Anda masih bisa berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga juga bisa menambah daya tahan tubuh. Berolahraga selama 30 menit di sore hari sekitar 60-90 menit dari waktu berbuka agar tidak terjadi  dehidrasi yang berlebih. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan/sedang, seperti jogging, jalan kaki atau bersepeda. Sebaiknya jangan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi selama puasa.

  1. Hindari makan diluar untuk menghindari kerumunan

Ada beberapa upaya mencegah penyebaran corona COVID-19. Satu di antaranya adalah menghindari kerumunan.  Nah jadi untuk kalian yaa gaes usahakan makanan yang kita beli untuk dikonsumsi dirumah aja, karena dengan begitu kita bisa memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

Nah berarti untuk saat ini kalo ada teman kalian yang mengajak untuk berbuka bersama di hindari dulu ya gaess atau kalian bisa bukber dengan cara online


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

WhatsApp chat
Ka Rami - Kesehatan Jiwa Ka Irma - Kesehatan Remaja Ka Micca - Penyakit Tidak Menular Ka Mira - TB Paru Ka Agnes - HIV Ka Pandji - Perawat Ka Dadang - Perawat Ka Desi - Gizi Ka Ery - Kesehatan Ibu dan Anak Ka Priska - Apoteker Ka Aulia - Kesehatan Mulut dan Gigi Teledentistry - Kesehatan Mulut dan Gigi