Jaga Kesehatan dengan Selalu Bahagia

August 27, 2019 0
Jaga-Kesehatan-dengan-Selalu-Bahagia.jpg

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kunci untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan bersikap positif dalam menjalani hidup dan selalu bahagia. Lalu bagaimana bahagia bikin kesehatan terus terjaga?

Pengendalian emosi

Sebelum mengetahui jawabannya, Anda wajib tahu bahwa bahagia tidak hanya didorong oleh suasana hati yang baik, pekerjaan maupun lingkungan. Sejumlah ahli menyebutkan bahwa perasaan bahagia juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Karenanya, kondisi emosional seseorang bisa pasang surut, bagaimana pun kondisi yang sedang dialaminya.

Maka itu, kunci untuk tetap bahagia adalah dengan mengontrol pasang surut emosi di dalam diri. Profesor ilmu sosial dan perilaku di Harvard School of Public Health, Laura Kubzansky menyebutkan bahwa mampu mengontrol perubahan emosi menunjukkan bahwa Anda memiliki mental yang sehat.

Bahagia dan kesehatan fisik

Beberapa penelitian, termasuk yang dilakukan oleh Kubzanzky, telah menemukan hubungan antara kesehatan psikologis dengan kesehatan fisik seseorang. Kondisi psikologis dan emosi yang terkontrol disebut mampu menurunkan risiko seseorang terserang penyakit kardiovaskular – seperti penyakit jantung, stroke dan lainnya.

Mengutip CNN, tinjauan pada tahun 2012 untuk melihat hubungan antara rasa bahagia dan kesehatan tubuh telah dilakukan sedikitnya 200 penelitian. Sebagian besar hasil dari penelitian tersebut menunjukkan adanya hubungan antara rasa bahagia, optimisme dan kepuasan dalam hidup terhadap kesehatan jantung. Kesimpulan dari penelitian-penelitian itu menyebutkan bahwa orang yang menjalani hidup dengan bahagia memiliki kesehatan jantung yang lebih terjaga.

Bahagia pangkal semangat

Tak hanya sampai di situ. Para peneliti juga menilai bahwa bahagia bukan hanya untuk menjaga kesehatan jantung belaka. Nyatanya, memiliki energi positif dan selalu berusaha untuk bahagia dapat membuat Anda melakukan kebiasaan yang baik.

Saat seseorang merasa bahagia, biasanya mereka akan sangat bersemangat dalam berolahraga, menjaga asupan makanan, hingga menjaga pola makan sehari-hari. Dengan ini, bukan hanya jantung, seluruh tubuh Anda pun pasti akan menjadi lebih sehat.

Dari kebiasaan-kebiasaan sehat tersebut, Anda mungkin akan mendapat bonus berupa tekanan darah lebih stabil, berat badan normal, dan menghindari penumpukan lemak.

tim puskesmas kembangan selatan jakarta barat

Selain melalui kebiasaan sehat, sejumlah peneliti berspekulasi bahwa keadaan mental positif memang memiliki efek langsung pada tubuh. Misalnya, studi oleh Kubzansky menemukan bahwa optimisme dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih rendah.

Kini Anda tahu bahwa menjalani hidup dengan bahagia dapat membuat tubuh lebih sehat. Bukan tidak mungkin lebih panjang umur menjadi hadiah utama dari tindakan ini. Jadi, jangan ragu untuk membiasakan diri berbuat hal-hal yang bisa bikin bahagia mulai saat ini, ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

Konten Terbaru

WhatsApp chat
Ka Rami - Kesehatan Jiwa Ka Irma - Kesehatan Remaja Ka Micca - Penyakit Tidak Menular Ka Mira - TB Paru Ka Agnes - HIV Ka Pandji - Perawat Ka Dadang - Perawat Ka Desi - Gizi Ka Ery - Kesehatan Ibu dan Anak Ka Priska - Apoteker Ka Aulia - Kesehatan Mulut dan Gigi Teledentistry - Kesehatan Mulut dan Gigi