Contact Lens, Cantik Tapi …. (?)

April 15, 2021 0
S1.jpg

Halooo Gaes, gimana nih kabar kalian? Semoga selalu sehat yaa dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

Kita bahas tentang lensa kontak yuk.. Lensa kontak sedang hype nih, banyak anak muda sekarang yang memakai lensa kontak warna-warni agar mata semakin terlihat cantik, lucu dan bola mata terlihat lebih besar.

Jadi lensa kontak itu apa ya?

Lensa kontak atau contact lens adalah lensa tipis yang dirancang secara khusus agar dapat melekat pada kornea mata kita. Jadi secara tidak langsung, dia merupakan benda asing yang kita lekatkan ke kornea mata kita. Kornea mata itu adalah lapisan bening dan merupakan bagian terluar dari bola mata kita. Kalau kamu melihat dari depan, tampak seperti bagian bola mata yang berwarna hitam.

Jenisnya ada apa aja sih?

Kalau secara medis, lensa kontak dibagi menjadi yang lembut atau lebih dikenal dengan soft lens dan jenis yang lebih kaku atau keras yang dikenal dengan hard lens. Soft lens terdengar lebih popular yaa.. karena jumlahnya lebih banyak dan secara umum lebih nyaman digunakan karena berbahan halus dan lembut.

Kegunaan lensa kontak untuk apa ya?

Secara medis, lensa kontak ini digunakan untuk membantu mengoreksi mata yang memilki gangguan refaksi. Contoh pada orang dengan minus yang cukup tinggi kadang menggunakan kacamata yang tebal terasa kurang nyaman, sehingga dokter mata dapat menyarankan untuk menggunakan lensa kontak. Namun akhir-akhir ini pengguna lensa kontak hanya untuk meningkatkan penampilan. Dengan warna yang beragam dan unik serta ukuran yang lebih besar dari lingkar kornea dapat membuat mata pengguna terlihat lebih besar.

Ini nih gaes manfaat dari lensa kontak yaitu :

a) Sangat nyaman dipakai.

b) Lapang pandang yang lebih luas.

c) Secara cosmetic use lebih baik dibandingkan dengan memakai kacamata.

d) Dapat digunakan sebagai Therapieutic Contact Lens (lensa kontak untuk mata minus dan silindris/astigmatisma)

Eits tapi penggunaan lensa kontak juga ada dampak negatifnya gaes jadi kalian harus hati hati nih. Di balik keindahan lensa kontak, ternyata juga memiliki sisi negatifnya. Apalagi bagi yang menggunakan secara terus-menerus, tanpa memperhatikan unsur kesehatan. Lensa kontak sendiri apabila sering kita gunakan baiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis mata. Kenapa ya baiknya ke dokter mata dulu? Karena mata merupakan indra spesial nih, yaitu untuk melihat. Sayang kan kalau mata kita yang sehat ini jadi sakit karena kita ga paham lensa kontak yang kita pakai aman apa engga. Kalau matanya sakit jadi engga cantik juga kan dilihat gaes.. kita lihat yuk apa aja sih bahaya nya.

  1. Iritasi mata

Yang namanya memasukan benda asing ke mata, disini lensa kontak, pasti ada reaksi nih dari mata. Kaya saat mata kita kemasukan debu. Sama hal nya dengan lensa kontak, memasukan lensa kontak ke mata harus dipastikan bahwa lensanya bersih. Sehingga tidak memicu iritasi mata. Kadang walau lensa kontaknya bersih, karena benda asing tetap ada respon dari mata sehingga mata akan berair, perih atau gatal. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama juga memicu iritasi mata yang menimbulkan mata merah.

  1. Kekurangan okisgen

Jadi karena kornea mata kita yang tertutup oleh lensa kontak menyebabkan pertukaran oksigen dimata tertanggu. Hal ini berdampak pada kurangnya oksigen yang masuk ke dalam mata kita

  1. Alergi

Lensa kontak merupakan benda asing sehingga tetap ada kemungkinan bahwa benda itu tidak cocok untuk mata kita. Reaksi alergi yang muncul dpat berupa, mata berair, mata merah, terasa gatal, hingga bengkak pada mata dan sekitarnya.

  1. Infeksi

Lensa kontak dapat menjadi tempat untuk tumbuhnya jamur dan berkembangnya bakteri. Sehingga kebersihannya harus dijaga. Jamur dan bakteri yang ada pada lensa kontak dapat menginfeksi kornea mata kita dan kadang pengobatan terhadap infeki itu membutuhkan waktu yang lama.

  1. Trauma

Penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan trauma pada lapisan kornea yang paling luar sehingga akan menimbulkan luka berupa goresan pada kornea mata

  1. Mata kering

Penggunaan lensa kontak dalam waktu yang lama akan mengganggu produksi air mata sehingga menyebabkan mata menjadi kering. Kondisi mata yang kering akan meningkatkan resiko trauma, iritasi dan infeksi. Karena air mata memiliki fungsi sebagai pelumas dan proteksi agak benda asing tidak langsung mengenai mata.

Nah sekarang kita belajar yuk cara menggunakan lensa kontak yang baik

  1. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah memasang lensa kontak. Pastikan tangan kita bersih saat menyentuh lensa kontak

  1. Untuk memasang, lensa kontak diambil dan diletakkan di telapak tangan. Setelah itu, lensa kontak diletakkan di ujung jari telunjuk tangan yang dominan. Pastikan permukaan lensa kontak yang akan bersentuhan dengan bola mata telah benar.

  1. Jari tengah di tangan yang sama digunakan untuk menarik dan menahan kelopak mata bawah.

  1. Untuk menarik dan menahan kelopak mata atas, dapat digunakan jari telunjuk tangan lainnya.

  1. Selanjutnya pandangan mata diarahkan ke atas dan lensa kontak dipasang di bagian bawah bola mata yang berwarna putih lalu pegangan terhadap kelopak mata atas dan bawah dilepaskan.

  1. Pandangan diarahkan ke bawah dalam keadaan mata tertutup dan mata dipejamkan beberapa saat, maka posisi lensa kontak akan berada di tengah bola mata.

Nah gaes perlu diingat yaa untuk tidak menggunakan lensa kontak saat tidur, karena akan memicu mata kering, iritasi atau bahkan lensa kontak bisa terlepas dari kornea.

Dalam penyimpan dan menggunakan lensa kontak juga penting, ikutilah petunjuk penggunaannya. Dikarenakan ada lensa kontak yang digunakan khusus untuk harian atau bulanan. Dalam menyimpan lensa kontak pun, disimpan ditempatnya masing-masing pastikan direndam dengan cairan dalam jumlah yang cukup dan cairan khusus pembersih lensa kontak. Cairan perendam bermanfaat untuk membersihkan lensa kontak dari kotoran dan mikroorganisme sehingga menurunkan risiko infeksi. Cairan perendam menjaga lensa kontak tetap lembab sehingga tidak kering dan nyaman digunakan. Jadi, sebelum memutuskan memakai lensa kontak, pertimbangkan dulu manfaat dan bahayanya, sehingga mata kamu tidak hanya cantik, tapi juga sehat.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


logo-long

Alo Gaes merupakan media komunikasi yang berisi info-info kesehatan remaja, mulai dari isu pubertas, gizi, hingga kesehatan mental. Alo Gaes juga bisa lho sebagai sarana kamu berkonsultasi singkat atau tanya-tanya soal kesehatan fisik maupun mental dari ahlinya langsung. Kami juga terbuka untuk kamu-kamu yang mau kirim artikel atau hasil karya lain lho.

WhatsApp chat
Ka Rami - Kesehatan Jiwa Ka Irma - Kesehatan Remaja Ka Micca - Penyakit Tidak Menular Ka Mira - TB Paru Ka Agnes - HIV Ka Pandji - Perawat Ka Dadang - Perawat Ka Desi - Gizi Ka Ery - Kesehatan Ibu dan Anak Ka Priska - Apoteker Ka Aulia - Kesehatan Mulut dan Gigi Teledentistry - Kesehatan Mulut dan Gigi